10 Cara Melepas Bearing Yang Susah Di Copot

  • Share
10 Cara Melepas Bearing Yang Susah Di Copot

10 Cara Melepas Bearing Yang Susah Copot – Pada sepeda motor, bearing fungsinya untuk menghubungkan tromol dan as roda. Maka dengan demikian roda dapat berputar pada porosnya dan dapat meluncur dengan bebas.

Mengingat akan kegunaan bearing tersebut, karena peranan bearing sangat penting untuk mendukung kenyamanan dan keamanan saat dalam berkendara.

Suatu bearing dapat dikatakan bagus jika putarannya lancar serta halus. Pada lingkaran bagian luarnya juga harus terikat kuat dengan tromol. Dan selain itu, bearing yang kondisinya baik juga harus bebas dari clearench yang berlebihan, tidak korosi atau berkarat, dan kondisi bola luncurnya tidak aus.

Jika terjadi kerusakan pada bearing motor anda dan berikut ini penjelasan dan langkah-langkah dalam melepaskan bearing sepeda motor serta cara memasangnya kembali dengan benar.

Cara Melepas Bearing

Cara Melepas Bearing

  • Atur terlebih dahulu posisi sepeda motor dengan bertumpu pada sandaran atau standar
  • Kemudian lepaskan roda sepeda motor dari tumpuannya sedemikian rupa.
  • Langkah selanjutnya dengan melepaskan bagian seal roda. Harus usahakan kerjakan dengan hati-hati agar nantinya tidak menimbulkan kerusakan.
  • Saatnya melepaskan bearing motor pada roda. Pertama lepaskanlah bearing sebelah kiri terlebih dahulu memakai bearing remover.
  • jika bearing sebelah kiri terlepas, selanjutnya dengan lepas bagian collar. Setelah itu, bisa dengan mudah melepaskan bearing di sebelah kanan menggunakan bearing remover
Baca Juga:   Cara dan Trik Bore Up Harian Honda Beat Menjadi 130cc

Cara Memasang Bearing

  • Untuk melakukan pemasangan kembali bearing seperti semula, maka cobalah bersihkan terlebih dahulu dudukan bearing yang berada pada tromol. Pastikan bagian hub tersebut terbebas dari debu serta kotoran.
  • Sebaiknya mengusapkan vaselin atau gemuk secukupnya pada rongga bantalan bearing. Yang bertujuani untuk memperlancar perputarannya dan mencegah karat dan aus.
  • Kemudian dapat memasang bearing sebelah kanan terlebih dahulu memakai bearing driver. Dan Jangan lupa pasang collar penghantarnya.
  • Selanjutnya pasanglah bearing sebelah kiri menggunakan driver. Cek sekali lagi untuk memastikan bearingnya sudah terpasang dengan benar.


Jika langah-langkahny sudah selesai bisa memasang kembali bagian seal roda. Kemudian pasang pula roda pada tempatnya seperti semula.

Terdapat cara lain untuk melepas dan memasang bearing, yaitu dengan teknik atau menggunakan traker, biasanya menggunakan traker digunakan untuk melepas bearing pada bagian mesin.

Cara Melepas Bearing Menggunakan Treker

  1. Siapkan Treker Bearing

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa untuk melepas serta memasang komponen yang terdapat pada bearing diperlukan alat traker, maka siapkan alat tersebut

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Motor Kawasaki Putsar 200ns
  1. Siapkan Pengapit Landasan

Dalam hal ini, diperlukan sebuah pengapit landasan untuk menjaga agar treker dapat dengan leluasa meneka untuk pelepas ankomponen.

  1. Posisi Yang Sesuai

Setelah semuanya tesedia maka untuk melepas bearing harus diperlukan tenaga yang cukup besar dari tekanan pada tuas setelah diputar mengencang.serta pastikan setiap baut pengunci atau lekuk penahan pada bagian luar benar-benar terpasang dengan baik serta kencang dan pas.

  1. Putar Perlahan Searah Jarum Jam

Cara untuk menggunakan treker bearing paling terakhir adalah dengan cara memutar tuas searah jarum jam, dengan cara perlahan ujung tuas serta shaft bearing akan bersentuhan, dan pastikan sesuai serta tidak meleset. Selanjutnya tekan perlahan sehingga komponen ring dan shaft dapat terlepas bersamaan.

Demikian informasi 10 Cara Melepas Bearing Yang Susah Copot yang dapat disampaikan semoga bermanfaat, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Video Cara Melepas Bearing

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *