4 Bunyi Dengung Pada Mobil Yang Perlu Diwaspadai

  • Share
4 Bunyi Dengung Pada Mobil

4 Bunyi Dengung Pada Mobil Yang Perlu Diwaspadai – Kenyamanan pada saat berkendara ialah salah satu hal yang diutamakan untuk para pengguna kendaraan bermotor khususnya pada mobil. Dengan banyaknya suara – suara yang ditimbulkan oleh mobil serta pemilik mobil itu sendiri jarang atau bahkan tidak mengerti dari mana asal suara tersebut berasal? Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang suara dengung yang sering terdengar pada saat mobil sedang berjalan atau melaju.

Adanya suara dengung pada mobil merupakan suatu hal yang membuat para pengguna mobil itu sendiri tidak nyaman pada saat sedang berkendara, yang mana kenyamanan saat berkendara merupakan hal yang paling utama pada saat dalam menikmati perjalanan.

Terlebih masalah dengung tersebut sangat terasa di dalam kabin mobil, tentunya saja hal ini sangat mengganggu anda dan penumpang pada saat sedang menikmati perjalanan berkendara. Penyebab serta masalah suara dengung pada mobil itu sendiri di sebabkan oleh beberapa faktor dan juga beberapa hal, untuk lebih jelasnya berikut ini adalah faktor dan solusi untuk menangani adanya masalah suara dengung pada mobil saat melaju.

Penyebab Bunyi Dengung Pada Mobil

4 Bunyi mendengung Pada Mobil
Bunyi mendengung Pada Mobil

1.Alur Atau Kembangan Ban Mobil Yang Berlawanan Arah

Sebetulnya banyak fakto dan masalah dengung yang di timbulkan pada mobil biasanya sangat sederhana, untuk faktor awal yang membuat suara dengung pada mobil tersebut muncul di akibatkan oleh alur atau kembangan ban mobil yang berlawanan arah, dan menyebabkan timbunya suara dengung pada saat mobil tersebut berjalan dan melaju.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Lampu Sein Vixion Yang Patah MUDAH & CEPAT

bila mobil anda terasa berdengung alangkah baiknya bila anda mengecek kepada keempat bagian roda, apakah terdapat kembang atau alur ban yang arahnya berlawanan? Bila ada salah satu ban yang alur atau posisi kembangnya terbalik maka dapat di pastikan suara dengung tersebut muncul dari bagian tersebut.

Maka segera lalukanlah tindakkan untuk merubah posisi alur serta kembang ban dengan cara menggunakan jasa tambal ban untuk melakukan perubahan alur serta kembang ban mobil tersebut dengan baik dan juga benar supaya suara dengung tersebut hilang.

2. Ban Mobil Anda Benjol Atau Bunting

Untuk masalah suara mobil berdengung yang lainnya terjadi karena ban mobil anda benjol atau bunting alias mengembang yang tidak rata. Banyak orang tidak peka atau mengetahui pada ban mobil yang tidak rata alias bunting atau benjol tersebut, ban mobil yang benjol atau tidak rata pada permukaan bisa menimbulkan suara yang bising seperti dengung masuk ke dalam kabin kemudi.

Maka dari itu bila anda terdengar suara dengung yang suaranya tidak seperti biasanya, maka cobalah untuk melakukan pengecek kan kepada keempat ban mobil tersebut. Karena bisa jadi suara dengung yang bising dan membuat anda tidak nyaman tersebut berasal dari kondisi ban yang benjol ataupun bunting karena masalah atau suatu hal.

Baca Juga:   Aksesori Dan Peralatan Mobil Sport Ideal untuk Perjalanan Anda

3. Bearing Atau Klaher Mobil Yang Telah Rusak

Masalah yang selanjutnya yang menyebabkan atau membuat mobil mengeluarkan suara dengung sampai masuk ke ruang kemudi, biasanya di akibatkan oleh bearing atau klaher mobil yang telah rusak serta tidak layak pakai lagi.

Memanglah kondisi fisik bearing atau klahernya tidak dapat di lihat langsung dari luar, tetapi anda dapat merasakannya bila roda mobil mengeluarkan suara mendengung bisa jadi pada bearing atau kelahar mobil telah rusak.

Cara untuk mengecek klaher mobil yang rusak anda dapat mendongkrak satu per satu roda mobil kesayangan anda untuk dilakukan pengecekan dengan caramenggoyang-goyangkan roda mobil pada bagian atas dan bawah, selanjutnya ulangi lagi dengan cara menggoyangkan pada bagian samping ban pada mobil tersebut.

Bila terdapat salah satu ban atau beberapa ban yang agak goyang, dapat di pastikan suara dengung tersebut berasal dari kerusakan bearing atau klahar pada roda mobil tersebut. Jika sudah mengetahui maka lakukanlah penggantian bearing atau klahar dengan bearing yang baru supaya suara dengung yang membuat kabin mobil berisik dan tidak nyaman serta bising segera bisa hilang.

Baca Juga:   Cara Agar Lampu Mobil Lebih Terang

4. Join Kopel Kondisinya Sudah Oblak

Bila mobil anda memakai penggerak belakang, bisa jadi dengung tersebut sebabkan oleh join kopel yang kondisinya sudah oblak. Maka gantilah join kopel tersebut dengan yang masih baru sehingga suara dengung tersebut bisa hilang dengan seketika pada mobil kesayangan anda.

Perlu selalu di ingat, jangan remehkan masalah dengung yang terjadi pada mobil anda yang bisa mengancam jiwa serta keselamatan anda sewaktu berkendara.

Demikian informasi 4 Bunyi Dengung Pada Mobil yang bisa disampaikan semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasam dalam dunia otomotif, terimakasih telah mengunjungi artikel ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *