6 Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar Hanya (5Menit)

  • Share
Cara Memanaskan Mesin Mobil

6 Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar Hanya (5Menit) – Jika mesin mobil tidak pernah di panaskan terlebih dahulu maka berakibat mempercepat keausan pada komponen mobil. Meskipun dampak atau kerusakan yang diakibatkan titak langsung terlihat.

Selain bisa mempercepat keausan komponen-komponen mobil, kebiasaan dengan tidak memanaskan mesin mobil terlebih dahulu sebelum digunakan juga bisa membuat konsumsi bahan bakar mobil akan lebih meningkat.

Cara Memanaskan Mobil Yang Benar

Cara Memanaskan Mesin Mobil yang benar
Cara Memanaskan Mesin Mobil yang benar – Ilustrasi

Setelah mengetahui resiko atau dampak tidak memanaskan mesin mobil, maka terlebih dahulu sebelum di pakai, berikut mari kita simak cara yang benar dan tepat.

1. Memanaskan Mobil -/+ 5 Menit

Sebelum mengemudikan mobil silahkan hidupkan mesin mobil kurang lebih selama 5 menit.. Anda bisa juga lihat jarum indicator suhu mesin yang terpasang di dasbor mobil. jika jarum indicator telah memberikan atau menunjukan 1/3 maka berarti mobil sudah siap untuk dikemudikan sesuai tujuan.

Untuk Memanaskan mesin mobil sebeum dijalankan memanglah di perlukan, demi menjaga agar mobil tetap awet, karena perawatannya yang bagus.

Baca Juga:   Kekurangan dan Kelebihan Mobil Matic

Tetapi jika terlampau lama memanaskan maka mesin mobil dapat juga mengakibatkan mesin mobil over heating. maka kesimpulannya cara memanaskan mobil yang benar cukup hanya dengan waktu 5 menit.

2. Janganlah Menekan Pedal Gas

Memang pada umumnya orang memanaskan mesin mobilnya dilakukan dengan menekan pedal gas. Akan tetapi bersamaan dengan perubahan dalam dunia otomotif, mobil yang beredar dipasaran saat ini sudah dilengkapi dengan system pembakaran yaitu injeksi.

Sehingga cara memanaskan mesin mobil yang baik juga mengalamai perubahan. Usahakan untuk membiarkan mesin mobil menyala pada keadaan yang konstan.

Anda tidak perlu menginjak pedal gas, hal tersebut supaya meminimalisir rusaknya komponen mobil. jika memanglah mesti menginjak pedal gas, maka injaklah sebelum saat mesin mobil dinyalakan atau distarter.

3. Mematikan AC Mobil

Mematikan AC mobil dan pastikan dalam keadaan Off. Seandainya menyalakan mesin mobil saat AC mobil masih dalam keadaan hidup, maka dapat berakibat rusaknya sebagian dari komponen AC tersebut.

Resiko yang lain mungkin terjadi atau fatalnya bisa mengakibatkan kerusakan pada seluruh komponen AC, karena jika menyalakan AC saat suhu mobil belum dalam situasi yang normal dapat memperberat kemampuan mesinnya.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Wiper Mobil Mati

4. Memanaskan Mobil di Area terbuka

Janganlah sempatkan untuk mencoba memanaskan mesin mobil pada garasi yang tertutup. Lantaran hal tersebut dapat membahayakan keselamatan anda sendiri, karena jika kondisi kesehatan Anda kurang fit atau tidak sehat ,karena terdapat gas yang berbahaya keluar lewat knalpot mobil.

5. Posisikan Tranmisi Netral (N)

Kenapa harus dilakukam hal tersebut, masih banyak orang yang lupa dan langsung menyalakan mobil, maka jika hal tersebut terjadi, dapat membahyakan diri anda sendiri.

Karena saat mobil dinyalakan dan tranmisi tidak netral, mobil akan maju sedikit kedepan dan bahayanya jika mobil terlalu mepet tembok, otomatis mobil bisa menabraknya.

6. Mobil Harus di Rem Tangan

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir mobil jalan sendiri saat melakukan pemanasan mesin, karena banyak pemilik mobil saat melakukan pemanasan mesin mobil akan ditinggal.

Manfaat Memanaskan Mesin Sebelum di Kemudi
Sesudah mengetahui resiko serta tips cara memanaskan mesin mobil yang benar, maka yang selanjutnya kesimpulan tentang manfaatnya:

Pada saat keadaan mesin mobil mati, maka oli mesin akan berkumpul pada bak penampungan. Dengan lakukan pemanasan mobil terlebih dahulu sebelum dipakai, agar oli mobil menyebar keseluruh komponen mesin.

Baca Juga:   Cara Mengganti Oli Gardan atau Transmisi Motor Matic

Sehingga gesekan pada komponen-komponen mesin bisa terhindari. Dan pastinya komponen menjadi makin awet jika oli telah melumasi keseluruh komponen mesin mobil.

Dapat Menghemat Bahan Bakar Mobil

Karena keadaan mesin mobil yang telah panas konstan, menyebabkan proses pembakaran bahan bakar jadi lebih prima. Sehingga konsumsi bahan bakarpun menjadi lebih hemat serta prima.

Akan tetapi janganlah terlampau lama juga saat memanaskan mesin mobil, karena dapat membuatbahan bakar jadi lebih boros.

Demikian informasi 6 Cara Memanaskan Mesin Mobil Yang Benar yang dapat disampaikan semog abermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *