6 Tips Agar Baterai Laptop Berumur Panjang

6 Tips Agar Baterai Laptop Berumur Panjang

6 Tips Cerdas Agar Baterai Laptop Berumur Panjang – Laptop sudah menjadi sebuah perangkat kebutuhan utama guna menunjang aktivitas kegiatan manusia. Semua kegiatan saat ini dapat dilakukan dengan laptop, mulai dari mengerjakan berbagai tugas, kerja, nonton film, mendengarkan musik hingga bermain game. Namun banyak diantara pengguna yang tidak paham dalam menggunakan laptop hingga menyebabkan baterai menjadi rusak atau kehilangan daya akibat pemakaian yang salah. Padahal baterai merupakan hardware penting bagi laptop, tanpa baterai laptop harus selalu di charge dan tentu saja hal ini sangat merugikan, karena laptop tidak lagi bisa digunakan dengan bebas dimanapun juga tanpa melakukan charge.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kami telah rangkum 6 tips cerdas agar baterai laptop yang Anda miliki dapat berumur panjang:

1. Hentikan Charge laptop Saat Sudah 90%

Hentikan Charge laptop Saat Sudah 90%. Kredit image unsplash.com
Penyebab utama cepatnya baterai laptop menjadi rusak atau kehilangan daya adalah kebiasaan men-charge laptop terlalu lama hingga melebihi batas normal. Padahal, membiarkan arus listrik terus mengaliri baterai malah dapat merusak komponen-komponen di dalam baterai. Oleh karena itu, agar baterai laptop tetap berumur panjang, hindarilah mengisi daya saat kamu sedang tidur dan bepergian. Usahakan charge laptop hingga 90% saja, jangan 100%, hal ini agar cell baterai tidak terlalu penuh dengan daya listrik. Daya listrik kurang dari 100% akan membuat cell baterai lebih bertahan lama.

✅REKOMENDED:  Berikut 4 Aplikasi Edit Video Terbaik Android

2. Jangan Sampai Laptop Mati Total

6 Tips Agar Baterai Laptop Berumur Panjang

Akibat keasyikan nonton film atau main game, kita seringkali lupa untuk men-charge laptop hingga akhirnya laptop mati total. Tanpa disadari, kebiasaan membiarkan daya baterai sampai benar-benar habis atau mencapai 0% justru dapat berakibat fatal. Hal ini karena laptop yang tiba-tiba mati saat melakukan pekerjaan dapat mengakibatkan cell baterai menjadi cepat rusak. Jadi, usahakan untuk segera mengisi daya baterai sebelum daya baterai di bawah 20%.

3. Gunakanlah Charger Original

Pastikan Anda menggunakan charger yang original atau bawaan pabrikan laptop itu sendiri. Jangan pernah mencoba menggunakan charger murahan atau barang KW hanya demi menghemat uang. Menggunakan charger tidak original bisa mengakibatkan arus listrik menjadi tidak stabil dan membuat baterai cepat rusak akibat lonjakan arus yang terlalu besar atau terlalu kecil.

4. Perhatikan Temperature Saat Nge-charge

Suhu adalah salah satu faktor yang memengaruhi kinerja baterai laptop. Untuk itu, jangan biarkan laptop terkena atau berada dalam lingkungan dengan suhu terlalu ekstrem, baik terlalu panas maupun dingin. Kondisi tersebut, tentunya dapat menyebabkan laptop bekerja lebih keras, yang pada gilirannya dapat menguras daya baterai tersebut dan kemudian membuatnya kehilangan kemampuan menyimpan daya.

✅REKOMENDED:  6 Kesalahan Pakai AC ini Bikin Tagihan Listrik Membengkak

5. Aktifkan Mode Power Saver

Secara default, kebanyakan laptop Windows diatur dengan mode Balance. Oleh karena itu, ubahlah pengaturan daya laptopmu melalui Panel Control atau klik Icon baterai pada Taskbar di sisi kanan bawah layar, lalu pilih mode Power Saver. Fitur penghematan baterai ini sudah tersedia pada berbagai jenis laptop. Dengan fitur ini kamu dapat memperpanjang masa pakai baterai dan menghemat daya saat dalam keadaan kritis.

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Diperlukan

Tidak hanya hardware yang perlu diperhatikan. Agar baterai laptop menjadi lebih panjang dan awet, ada baiknya Anda juga menutup berbagai aplikasi yang tidak diperlukan karena dengan membuka banyak aplikasi sekaligus akan membuat daya baterai menjadi terkuras.

Menggunakan laptop sudah menjadi sebuah kebutuhan, untuk itulah kita harus paham cara menggunakan laptop dengan benar, agar baterai tidak cepat rusak. Rusaknya baterai pada laptop tentu akan sangat merugikan, semoga dengan 6 tips diatas, dapat sedikit memberi pemahaman untuk menggunakan laptop dengan benar. Semoga bermanfaat.