7 Langkah & Cara Membersihkan Filter Udara Mobil [100% MUDAH]

  • Share
Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

7 Langkah & Cara Membersihkan Filter Udara Mobil – Sebenarnya bisa kita lakukan sendiri di rumah asalkan kita perlu mempunyai beberapa alat yang memadai. Karena bagaimana kita ketahui jika filter udara mobil memiliki peranan yang dapat di katakan sangat penting, karena untuk filter ini juga merupakan salah satu faktor yang menentukan bagaimana kinerja mesin bisa berjalan dengan optimal serta bisa membuat mesi kendaraan kesayangan anda menjadi awet. Oleh sebab itu jangan sampai menyepelekan hal yang penting satu ini.

Efek Atau Resiko Jika Filter Udara Tidak Dibersihkan

Filter pada mobil berfungsi untuk menyaring udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar supaya terbebas dari debu tau partikel-partikel kotoran yang halus lainnya. Karena dara yang bersih bisa membuat performa mesin akan lebih bertenaga, mesin menjadi tidak mudah panas serta akan menjadi lebih awet.

Dengan seiring berjalannya waktu, filter pada mobil lama-kelamaan bisa menjadi kotor, hal tersebut disebabkan karena menumpuknya debu ataupun kotoran pada filter. Bila tidak anda bersihkan, maka lama-kelamaan pori-pori filter tersebut menjadi tersumbat oleh kotoran dan pada akhirnya aliran udara ke ruang bakar menjadi kurang lancar.

Biasanya pengaruh yang paling sering dirasakan bila filter mobil sudah kotor adalah mesin mobil tidak bertenaga serta konsumsi bahan bakar (BBM) akan menjadi lebih boros serta tenaga berkurang dan usahakan memakai filter udara mobil yang bagus. Jika tidak ingin hal ini terjadi? Maka Simak bagaimana cara membersihkan filter udara mobil dengan mudah berikut ini.

Baca Juga:   7 Penyebab & Solusi Kampas Rem Motor Bunyi, Keras Dan Macet

Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

Elemen ataupun bahan dari pada filter mobil itu memiliki beberapa macam, serta pada tiap bahan atau elemen tersebut tentunya memerlukan penanganan yang berbeda juga, maka dari itu kita pun harus jeli dan juga cermat memperhatikan bahan atau elemen yang di pakai sebagai filter udara pada mobil kesayangan kita. Karena dari beberapa bahan atau elemen tersebut serta cara membersihkannya ialah sebagai berikut.

Filter Udara Berbahan Karton Atau Kertas

Untuk filter udara berbahan karton atau kertas, cara membersihkannya ialah dengan memakai udara atau gin bertekanan tinggi atau disebut kompresor. Untuk cara ini, otomatis debu yang menempel pada filter udara tersebut akan bersih. Karena bahan yang terbuat dari kertas tersebut jangan sampai anda bersihkan dengan memakai air, karena bisa menyebabkan bahan tersebut akan menjadi rusak.

Filter Udara Berbahan Spon

Untuk filter udara berbahan spon merupakan filter udara mobil bisa dicuci, karena bahan seperti ini bisa di bersihkan dengan cara mencucinya, caranya ialah dengan melarutkan sabun cuci piring atau cair ke wadah kemudian di campur dengan air secukupnya, selanjutnya bisa anda celup fiter udara caranya dengan di remas-remas, serta jangan terlalu kencang saat meremasnya dan jangan anda kucek, karena dapat merusak filter udaranya, selanjutnya keringkan dan caranya dengan di angin-anginkan saja atau bisa juga di jemur.

Baca Juga:   Kelebihan dan Kekurangan Mobil Hyundai Tucson Gen2

Filter Udara Berbahan Kain

Untuk filter udara yang berbahan kain, cara membersihkan filter udara yang berbahan kain ini dapat menggunakan metode yang sama dengan cara filter udara berbahan spon sebelumnya, tetapi anda bisa juga memakai larutan oli khusus seperti cleaner dan juga degreaser untuk bisa membantu merontokan partikel debu yang telah menempel pada filter. Dan setelah itu bisa di semprot juga dengan memakai udara atau angin bertekanan tinggi atau kompresor.

Langkah Membersihkan Filter Udara Mobil

Kemudian setelah anda mengetahui bahan atau elemen yang dipergunakan pada filter mobil dan juga bagaimana cara membersihkan bahan tersebut, maka selanjutnya kita akan membahas tahapan dalam bagaimana cara membersihkan fiter udara mobil. Tahapan-tahapan tersebut di antaranya ialah:

  • Langkah yang pertama buka terlebih dahulu penutup udara yang ada dari dalam mobil
  • Kemudian keluarkan elemen ataupun bahan filter udara tersebut
  • Jika sudah di keluarkan bersihkan terlebih dahulu rumah atau pada tempat filter udara tersebut
  • Kemudian setelah itu anda bersihkan elemen atau bahan filter udara tersebut sesuai dengan bahannya yang sudah dijelaskan diatas
  • Bila filter udara anda rasa sudah bersih dan kering, bisa langsung pasang kembali ketempatnya
  • Jangan lupa untuk memasang kembali penutup filter udaranya
  • Selesai.
Baca Juga:   Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil

Dalam pengerjaan membersihkan filter udara ini sebaiknya anda lakukan setiap kendaraan atau mobil menempuh jarak kurang lebih 1000 km, serta di ganti jika kendaraan anda sudah menempuh jarak kurang lebih 5000 km.

Karena untuk mobil yang sering berada atau digunakan untuk medan yang ekstrem atau berdebu sebaiknya lebih sering untuk di bersihkan. Karena akibat filter udara mobil kotor maka konsumsi bahan bakar menjadi boros dan tenaga mobil akan berkurang dan lebih parahnya bisa merusak komponen mesin mobil yang lainnya.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bisa bermanfaat dan tentunya menambah wawasan anda dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Video Cara Membersihkan Filter Udara Mobil

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *