7 Penyebab Setir Mobil Berat Dan Cara Mengatasinya

  • Share
7 Penyebab Setir Mobil Berat Dan Cara Mengatasinya
Foto: Lesics

Penyebab Setir Mobil Berat Dan Cara Mengatasinya – Ada saat tertentu diamana setir mobil terasa begitu berat, kaku dan sulit untuk digerakan, biasanya penyebabnya bermacam-macam, seperti servis tidak teratur, kurangnya pelumas, tekanan ban mobil yang kurang, dan as roda mobi tidak seimbang. Berbagai penyebab setir mobil berat dapat dicegah dan diatasi dengan cukup mudah.

Dalam kondisi normal dan kondisi mobil masih dalam kondisi baik, roda mobil harusnya feksibel saat memutar , namun ada kalanya menemukan saat-saat hal tersebut tidak bekerja sebagaimana mestinya , sehingga membutuhkan sedikit energi untuk memutar setir kemudi, kondisi tersebut membuat tidak nyaman saat mengemudi.

Cara Power Steering Bekerja

Power steering membantu memutarkan roda depan, tanpa adanya Power steering hal tersebut akan berat dan susah digerakan, karena utuk menggerakan roda mobil bagiian depan akan sangat sulit apalagi dalam keadaan berhenti, tentunnya membutuhkan tenaga yang besar tanpa adanya Power steering.

Biasanya power stering menggunakan minyak atau cairan untuk menciptakan tekanan terhadap roda untuk dapat berubah arah, dengan cara tersebut akan mudah dilakukan walau hanya menggunkan satu tangan.

Baca Juga:   Cara Jitu Modifikasi Motor Yamaha Jupiter MX

Penyebab Power steering Berat

Cairan Power steering berkurang

Kadang jumlah cairan atau minyak berkurang mengakibatkan gaya yang dihasilkan untuk menekan piston berkurang, pada saat hal tersebut terjadi stir kemudi akan terasa berat dan kurang membantu memutar roda depan.

Power steering belt rusak

Sistem pada Power steering dapat bekerja karena didukung oleh sabuk power steering, seperti belt pada kendaraan yang lainnya, fungsinya kurang lebih sama untuk memulai dan berhenti melakukan putaran. Komponen ini juga rentan mengalami kerusakan seperti putus, rusak dan kendalala lainnya, jika hal tersebut terjadi maka power steering menjadi berat.

Rack Kemudi Rusak

Ini merupakan bagian utama pada kemudi mobil, saat penggunaan dalam waktu yang lama rack kemudi akan rusak dan aus, pada saat hal tersebut terjadi kemudi akan susah digerakan, jika kemudi sulit digerakan saat pertama kali dinyalakan, kemungkinan ada masalah pada rack kemudi.

Ban Kurang Tekanan

Kemudi yang terasa berat tidak hanya disebabkan karena masalah power steering, atau komponen-komponen lainya mengalami kerusakan, bisa juga disebabkan tekanan angin pada ban kurang.

Baca Juga:   Cara Menghilangkan Goresan Pada Body Mobil Dengan Kompon

Ban Habis Atau Halus

Ban yang sudah halus atau kehilangan coraknya sehingga tapak ban menjadi halus, kondisi seperti itu menyebabkan tingkat luas permukaan ban yang bersentuhan dengan aspal semakin banyak, akibatnya dapat memperberat kemudi mobil.

Penggantian Ban

Mengganti ban dengan ukuran yang lenih besar serta corak ban yang kasar dapat menyebabkan kemudi menjadi berat, karena ban yang lebar dan corak yang kasar akan memperlebar daya cengkram yang kuat pada aspal dan akan terasa berat.

Roda tidak selaras

Misalnya roda mobil sebelah kanan tidak selaras dengan ban sebelah kiri, hal tersebut menyebabkan setir akan menarik ke satu arah, dan mengakibatkan kemudi menjadi berat, ada baiknya sesekali meakukan sporing dan balancing agar roda mobil lurus dan seimbang.

Demikianlah beberapa masalah yang sering terjadi pada setir mobil yang berat, jika mengalami masalah tersebut sebaiknya periksa kendaraan anda ke bengekel resmi untuk memperoleh penanganan yang lebih professional, semoga informasi yang diberikan bermanfaat dan menambah pengetahuan anda, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Baca Juga:   5 Cara Merawat Mobil Baru Agar Awet dan Performa Tetap Tinggi

Video Penyebab Power Stering Berat

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *