7 Penyebab & Solusi Kampas Rem Motor Bunyi, Keras Dan Macet

  • Share
7 Penyebab & Solusi Kampas Rem Motor Bunyi, Keras Dan Macet

7 Penyebab & Solusi Kampas Rem Motor Bunyi, Keras Dan Macet – Fungsi rem pada motor merupakan komponen kendaraan yang sangat vital, karena dengan adanya rem, kita dapat berhenti ketika di jalan ketika ada masalah. Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi dari rem yaitu untuk menghentikatn laju kendaraan dan memperlambat laju kendaraan. Coba bayangkan jika pada motor tidak adanya sistem pengereman, pasti akan celaka bukan. Maka jangan samai mengalami hal tersebut dikarenakan jika rem motor rusak. Maka jika rem mengalami kerusakan segeralah perbaiki agar dapat berkendara lebih aman.

Disini kami akan memberikan informasi tentang kendala pada rem sepeda motor mungkin kerap terjadi seperti, terkadang saat menekan tuas rem terasa keras dan berat serta ketika tuas rem dilepas kadang tuas rem tidak normal kembali ke semula, maka hal tersebut pasti mengganggu kenyamanan ketika berkendara.

Memperbaiki Rem Cakram Yang Keras dan Macet

Memperbaiki Rem Cakram Yang Keras dan Macet
otomotifnet

Terjadi hal tersebut karena pada saat cakram terus bergesekan pada kampas rem harusnya berhenti akan teteapi sepeda motor tetap melaju. Dan pada saat di bongkar kondisi piston pada cakram macet. Berikut adalah cara memperbaiki cakram yang macet.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Rem Tromol Sepeda Motor

Cara Memperbaiki Rem Cakram Macet

  1. Pertama-tama posisikan terlebih dahulu sepeda motor pada posisi standar tengah kemudian lepas roda depan dengan cara melepas baut yang mengikat di roda depan tersebut.
  2. Setelah ban sudah dilepas, kemudian lepaskan caliper cakram dari dudukan yang berada pada shockbeker.
  3. Kemudian lepaskan selang rem dari caliper cakram serta keluarkanlah minyak rem, agar minyak rem tidak berceceran untuk menampung minyak rem usahakan gunakan wadah. Hati – hati jangan sampai minyak rem tersebut mengenai cat pada bodi motor, karena jika terkena minyak rem bodi motor akan rusak serta jika mengenai tangan akan iritas dan gatal – gatal.
  4. Setelah dirasa minyak rem sudah keluar semua, selanjutnya bersihkan piston rem cakram dari kotoran atau debu serta karat yang menempel, kemudian periksa dari kemungkinan luka atau tergores, jika korosi atau karat yang menempen susah untuk di bersihkan,maka gunakanlah kompon untuk membersihkannya, karena selain mampu membersihkan karat kompon juga dapat menghaluskan permukaan piston yang tergores tipis, tetapi jika goresan piston rem terlalu dalam harus lakukan penggantian piston yang baru supaya minyak rem tidak bocor.
  5. Selain itu juga harus membersihkan silinder rem cakram dari kotoran atau karat menggunakan kompon, tetapi jika kotoran yang dibersihkan lumayan cukup susah hilangnya.
  6. Selanjutnya setelah semuanya telah di bersihkan, maka pasang kembali piston yang tadi sudah di bersihkan dan jangan lupa isikan kembali minyak rem baru ke dalam master silinder rem, jika minyak rem sudah di isi dalam master silinder rem cakram, maka langkah selanjutnya yaitu memasang kembali rem cakram serta roda. Jika roda sudah di pasang maka langkah selanjutnya menyetel pengereman dengan membuang angin yang masuk dan setelah selesai Lakukan pengetesan di jalan. Hal tersebut berfungsi mengecek apakah rem cakram motor berfungsi dengan normal atau tidak.
Baca Juga:   Cara Membuat Kunci Kontak Rahasia Kendaraan Bermotor

Demikian informasi Penyebab & Solusi Kampas Rem Motor Bunyi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah pengetahuan tentang dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Video Penyebab Kampas Rem Berbunyi

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *