Air Radiator Dicampur Air Biasa? Apa Boleh, Ini Penjelasannya

  • Share
Air Radiator Dicampur Air Biasa

Air Radiator Dicampur Air Biasa – Banyak orang yang mempunyai persepsi yang salah soal bagaimana mengisi atau sekedar hanya menambahkan air radiator pada kendaraannya. Karena banyak yang mempunyai pemikiran bahwa tidak ada pengaruhnya untuk mengisi air radiator kendaraan memakai air mineral atau dengan air minum kemasan.

Air Radiator Dicampur Air

Selain dengan menggunakan air mineral ada juga orang yang sudah terbiasa mengisi ataupun sekedar menambahkan air radiatornya menggunakan air sumur bahkan lebih parahnya denga air genangan atau biasanya air keran di rumah. Lalu bagaimana sebenarnya tentang hal tersebut?

Air minum kemasan serta air keran mempunyai kandungan zat besi, mangan serta kapur membuat saluran air pada radiator bisa berkerak dan akhirnya akan tersumbat.

Karena mesin modern saat ini dirancang dengan komponen – komponen yang dibuat dengan ukuran yang seefisien mungkin, termasuk pada saluran sirkulasi air pendingin mesin atau radiatoe.

Air yang mepunyai kandungan seperti ini bila digunakan sebagai air radiator serta bersirkulasi ke bagian sistem pendinginan mesin dan lama kelamaan akan menciptakan kerak akibatnya akan terus menumpuk sehingga bisa menyumbat ke seluruh sistem pendingin mesin.

Baca Juga:   Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil
Air Radiator Dicampur Air Biasa
Air Radiator Dicampur Air Biasa, Bisakah

Masalah Jika Air Radiator Dicampur Air

Jika hal tersebut terjadi dan semakin parah tentunya membuat pendinginan mesin menjadi tidak optimal dan akhirnya mesin akan terjadi overheating. Pada kondisi overheating tentunya mengharuskan kita untuk melakukan overhaul atau turun mesin karena ada beberapa komponen yag biasanya mengalami kerusakan serta masalah tersebut akan memakan biaya perbaikan yang tidak sedikit.

Sebenarnya untuk mobil-mobil modern sekarang ini sudah diisi dengan cairan radiator atau coolant yang mempunyai kandungan yang bisa mencegah karat, serta membantu melumasi sekaligus untuk merawat seal-seal karet serta untuk menjaga agar cairan tidak mudah mendidih.

Alangkah baiknya konsultasikan kepada bengkel langganan mengenai cairan radiator coolant yang baik untuk digunakan sebagai standar spesifikasi pada kendaraan Anda.

Menambah Air Radiator Dalam Keadaan Darurat

Disaat dalam keadaan darurat serta disaat harus mengisi dan Anda tidak memiliki air radiator atau coolant sebaiknya gunakanlah air aki yang biasa digunakan untuk menambahkan cairan aki (botol atau tutup botol warna biru) karena air aki ini adalah air murni yang tidak memiliki campuran kandungan mineral.

Baca Juga:   6 Tips Jitu Membeli Mobil Bekas Yang Berkualitas

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah referensi anda dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Video Air Radiator Dicampur Air Biasa

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *