Cara Jumper Aki Mobil Yang Baik Dan Benar

  • Share
Cara Jumper Aki Mobil

Cara Jumper Aki Mobil Yang Baik Dan Benar – Cara menjumper accu mobil ataupun cara memasang kabel jumper pada aki mobil, jumper aki mobil dilakukan pada saat mesin tidak kuat lagi untuk distarter merupakan pekerjaan yang mudah, sangat mudah untuk anda yang sudah mengerjakannya, akan tetapi menjadi masalah tersendiri bila kita belum pernah serta tidak mengetahui bagaimana cara untuk jumper accu mobil yang tidak kuat distarter.

Mobil yang sedang mogok atau macet ditengah – tengah perjalanan atau kondisi dimana mesin tidak kuat untuk distarter setelah mobil parkir, biasanya dengan indikasi pada saat lampu besar dinyalakan akan terlihat redup atau suara klakson mobil terdengar lemah atau kecil serta semua indikator bahkan lampu dispidometer mati.

Pada saat aki sudah lemah serta mesin tidak kuat lagi distarter, kita dapat mengatasinya dengan cara menjumper aki mobil baik dengan memakai aki lain yang kondisinya masih bagus atau dengan cara jumper aki dari mobil yang lain. Untuk lebih jelasnya berikut ini merupakan cara jumper aki mobil yang sudah melemah.

Cara Jumper Aki Mobil

Cara Jumper Accu Mobil

  • Persiapkan terlebih dahulu aki mobil yang kondisinya masih bagus atau dengan jumper dengan aki mobil yang lain
  • Selanjutnya siapkan lah kabel jumper, pilihlah kabel jumper yang kondisinya bagus, gunakan kabel jumper yang ukurannya besar minimal mempunyai diameter urat kabelnya kira-kira sekitar 10 mm, hal ini untuk menghindari kabel panas dari akibat arus listrik yang besar pada saat starter, karena arus listrik yang mengalir pada saat starter dapat mencapai 120 amper. Serta kabel jumper biasanya terdiri oleh dua warna, yakni kabel warna merah dan hitam.
  • Lakukan dengan cara mendekatkan mobil untuk jumper ataupun aki lain untuk melakukan jumper, dan pastikan jaraknya cukup dengan panjang dari kabel jumper.
  • Caranya pasang kabel catok warna merah pada positif aki dan catok warna hitam pada terminal aki negatif tersebut pada kedua aki, baik aki yang digunakan untuk jumper maupun aki yang dijumper, lakukan dengan sangat hati – hati dan jangan sampai terlepas. Serta perhatian kabelnya jangan sampai terbalik antara positif negatifnya, haruslah positif dengan positif serta negatif dengan negatif.
  • Maka tunggu lah beberapa saat sebelum anda starter dan sampai ada setrum pada aki mobil yang dijumper bila setrum aki tersebut benar-benar habis, contohnya seperti mobil yang kehabisan setrum aki nya karena lama diam dan tidak pernah menyala.
  • Selanjutnya setelah mobil menyala, maka lepaskan kabel jumper satu persatu mulai yang dari aki yang dijumper, serta jaga supaya kedua kabel tidak saling berhubungan antara kabel plus dan juga minusnya.
  • Bila mesin menyala, maka lihat panel speedometer apakah lampu aki sudah terlihat menyala atau mati, jika lampu aki tidak menyala berarti pada sistem pengisian aki yang dari dinamo cas (alternator) berjalan dengan cukup baik.
  • Akan tetapi bila pada saat mesin menyala lampu tetapi aki di dashboard masih menyala, itu artinya sistem charging aki sedang mengalami angguan, serta alternator harus segera diperbaiki, pada kondisi seperti ini aki mobil yang telah dijumper tadi tidak akan terisi oleh setrum dari dinamo cas ataupun Alternator.
Baca Juga:   Cara Menyetel Ketinggian Kopling Mobil Sendiri dengan Mudah

Tips Jika Tidak Ada Kabel Jumper

Pada saat kondisi darurat misalnya seperti tidak adanya kabel jumper, maka langkah yang bisa anda dilakukan ialah:

  • Hal yang pertama pinjam aki yang kondisinya masih bagus, namun dengan ukuran fisik yang sama baik bentuknya maupun ukuran kepala aki (terminal aki).
  • Selanjutnya buka aki mobil yang soak, kemudian pasang aki yang dipinjam, dan starter mesin sampai mobil mau menyala.
  • Pada saat mesin mobil sudah menyala, maka lepaskan kleman aki negatif dari kepala akinya, bila pada saat mesin tetap menyala kita bisa melanjutkan dengan melepaskan kleman dari terminal positif, selanjutnya angkat aki serta ganti lah dengan aki yang kurang setrum tadi supaya bisa di charge oleh alternator mobil tersebut.

Perhatian :

Pada saat mengganti aki disaat mesin masih menyala maka pastikan kedua kabel atau klem aki positif dan negatif kondisinya aman dan tidak bersentuhan satu sama lain serta jaga supaya kleman aki Plus tidak bersentuhan dengan masa atau ground.

Baca Juga:   Tips Cara Memasang Noken As Satria FU 150 CC

Demikian informasi Cara Jumper Aki Mobil yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mengalami masalah tersebut dan tentunya dapat menambah wawasan anda dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *