Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Yang Benar

  • Share
Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil

Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil Yang Benar – Hal ini susah-susah gampang untuk dilakukan. Hal tersebut dikarenakan tidak semua komponen pada rangkaian AC mobil bisa dibongkar serta dibersihkan oleh anda dan yang awam terhadap bagian-bagian pada AC mobil. Tetapi bila AC tidak dibersihkan dengan baik dan benar, maka akan menyebabkan sirkulasi udara pada AC mobil kesayangan anda akan menjadi cepat kotor. Dan akibatnya AC mobil anda berbau, serta performa mendinginkan kabin juga akan menurun.

Yang merupakan salah satu komponen utama AC mobil adalah evaporator. Karena komponen ini mempunyai bentuk kotak dan fungsinya ialah menurunkan suhu udara yang melaluinya supaya suhu akan tetap dingin.

Cara Bersihkan Evaporator Ac Mobil

Serta evaporator mempunyai bentuk ruang yang berliku, maka bila terjadi pengendapan kotoran maka saat proses pendingian udara juga tidak akan bisa maksimal. Untuk indikasi awalnya adalah AC yang berbau atau apek sehingga hembusan blower akan terasa semakin melemah.

Untuk AC biasanya mempunyai satu lubang untuk menghisap udara yang masuk ke jalur sirkulasi AC. pada umumnya, lubang udara tersebut berada atau terletak di bawah dashboard mobil dan juga cukup rendah, sehingga rentan menghisap debu ataupun udara kotor yang berada di karpet mobil.

Baca Juga:   Tips Cara Memodifikasi Motor Honda CB 100 Lebih Gaya dan Keren Abis

Meskipun untuk beberapa AC mobil didesain dengan adanya filter udara, tetapi kotoran yang terhisap masuk ke sirkulasi udara AC mobil terkadang tidak bisa terhindarkan. Hal tersebut yang kemudian bisa membuat evaporator akan menimbun kotoran.

Dengan alasan tersebut, maka sangat penting untuk selalu menjaga kebersihan udara kabin serta karpet mobil kesayangan anda. Melakukan perawatan terhadap AC juga harus secara rutin dilakukan supaya penyumbatan udara pada komponen tidak sampai merusak komponen-komponen yang mengakibatkan kerusakan dan harus dilakukan penggantian.

Tetapi bila anda tidak bisa melakukan perawatan AC mobil di bengkel, alangkah lebih baik anda bisa mencoba melakukan pembersihan sendiri dengan memakai cairan pembersih evaporator AC mobil aftermarket yang pada saat banyak dijual di pasaran atau toko sparepart.

Cara Membersihkan Ac Mobil Dengan Cairan Pembersih

Cara Bersihkan Evaporator Ac Mobil
Cara Bersihkan Evaporator Ac Mobil – Ilustrasi

Cara untuk membersihkan evaporator dengan memakai cairan pembersih, tentu ada langkah-langkah umum yang bisa anda lakukan sendiri. Berikut ini TutorialOtomotif akan memaparkan langkah-langkah mudahnya.

1. Buka Filter AC Mobil

Langkah pertama dengan matikan mobil anda terlebih dahulu, selanjutnya cari lokasi lubang hisap udara AC dan juga letak filter udaranya. bila AC mobil masih bawaan pabrik, maka anda bisa mencarinya di buku petunjuk manual mobil anda.

Baca Juga:   Cara Memperbaiki Cat Mobil Tergores & Terkelupas

Karena biasanya, filter AC mobil letaknya di sekitar atau berada di belakang glove box. Perhatikanlah langkah membuka filter yang biasanya ada di manual book supaya tidak mengganggu keberadaan komponen-komponen AC lainnya. Dan setelah anda dilepas, perhatikanlah apakah filter masih bersih atau sudah kotor kondisinya dan jika sudah tidak layak maka harus diganti.

Berikutnya, kocok terlebih dahulu kaleng spray cairan pembersih evaporator yang sudah anda siapkan. Selanjutnya sisipkan selang sprayer supaya mendekati blower AC. Hal tersebut dilakukan bertujuan supaya foam yang akan disemprotkan nantinya bisa terarah dengan benar pada bagian blower AC.

2. Nyalakan dan Setting AC Mobils

Bila anda sudah bisa memposisikan spray sampai siap untuk menyemprot ke blower, maka bisa nyalakan mesin mobil anda. Selanjutnya anda nyalakan AC serta setting dengan suhu paling dingin dan udara atau tiupan blower yang paling kencang.

Bila pada mobil anda sudah double blower, maka nyalakan juga dengan settingan yang sama pula. Dan jangan lupa untuk membuka semua ventilasi atau kisi-kisi AC serta jendela mobil anda juga.

Baca Juga:   Tips dan Cara Modifikasi Motor Yamaha Mio Sederhana dan Keren

3. Semprotkan Cairan Pembersih Evaporator

Selanjutnya bila semua siap serta anda pastikan selang semprotan sprayer posisinya sudah tepat menghadap ke blower, jika sudah maka langsung semprotkan cairan pembersih sampai habis. Cairan pembersih evaporator ini berbentuk foam pada saat digunakan. Bila pada saat menyemprotkan cairan ini keluar air dari ventilator AC mobil, maka anda biarkan saja.

Dan setelah foam cairan pembersih tersebut disemprotkan sampai habis, maka biarkan saja AC dan mobil tersebut menyala sekitar 10 sampai 15 menit. Sementara itu, anda juga bisa membersihkan air yang keluar dari ventilator tersebut.

Bila AC mobil anda dalam kondisi normal, dan hanya kotor saja serta tidak adanya kerusakan, maka AC akan terasa menjadi lebih dingin setelah evaporator dibersihkan dengan malakukan cara ini. Karena Kotoran-kotoran yang menyumbat tersebut akan keluar bersama tetesan air yang terbuang dari pipa AC yang berada di bawah mobil anda.

Demikiam informasi Cara Membersihkan Evaporator AC Mobil yang bisa kami sampaikan, semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *