Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah – 100% AMPUH

  • Share
Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah

Cara Membersihkan Injektor Motor Dengan Mudah – Pada kesempatan kali ini kita akan membahas pada sistem injeksi pada sepeda motor. Karena pada sepeda motor dengan memakai sistem injeksi, injektor adalah komponen yang mempunyai fungsi dan peranan yang sangat penting.

Untuk Injektor sendiri berfungsi untuk menyemprotkan dan juga mengabutkan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran. Maka kita bisa bayangkan jika saja piranti injektor ini megalami kerusakan, maka proses pengabutan bisa terganggu dan tidak maksimal, sehingga menyebabkan performa sepeda motor akan menurun.

Terkadang jika kondisinya sudah parah mesin tidak akan bisa dinyalakan. Maka dari itu anda pun harus rajin melakukan service di bengkel-bengke resmi. Akan tetapi jika anda ingin untuk membersihkan injektor sendiri, sebenarnya terdapat beberapa cara yang caranya cukup mudah untuk di lakukan oleh anda sendiri. lalu bagaimana kah caranya ? berikut akan kami berikan tips dan triknya utuk membersihkan injeksi sepeda motor.

Membersihkan Injektor Menggunakan Carbon Cleaner

Membersihkan Injektor Menggunakan Carbon Cleaner

Cara pertama yang paling praktis adalah dengan emnggunakan carbon cleaner seperti yamalube carbon cleaner. Yakni anda cuma mencampurkan cairan kimia tersebut dalam tengki bensin, dengan kotoran yang berada pada injektor tersebut akan terkikis dan hilang.

Baca Juga:   Tips Merawat Mobil Sport Dengan Baik

Cara untuk menggunakan nya tentunya sangat mudah sekali, anda tinggal mencampurkan cairan injector tersebut ke dalam tengki yang sudah berisi bahan bakar atau bensin antara 3.5 liter hingga 5 liter serta lakkukan setiap 3000 km sekali.

Membersihkan Injektor Menggunakan Infus

Saat ini sudah banyak bengkel-bengkel resmi yang menawarkan pembersian injektor menggunakan cara tersebut. Pada prosesnya yaitu menjadikan cairan carbon cleaner sebagai bahan bakar kemudian di injek menggunakan alat khusus bentuknya seperti infus.

Jadi selang bahan bakarnya di copot atau dilepas kemudian di sambungkan dengan tabung khusus yang telah di isi oleh carbon cleaner. Dan pada tabung tersebut di beri udara yang bertekanan dari kompresor untuk memasukan carbon cleaner ke dalam area ruang bakar.

Mesin dinyalakan lalu sambil di gas – gas. Cara tersebut hanya memerlukan waktu kurang dari lima menit saja, sampai cairan carbon cleaner tersebut habis dan mesin motor akan mati dengan sendirinya. Metode tersebut dapat di lakukan setiap 10000 km sekali.

Baca Juga:   Cara dan Trik Bore Up Harian Honda Beat Menjadi 130cc

Membersihkan Injektor dengan Injektor Clener

Cara Membersihkan injektor sepeda motor yang terakhir ini memanglah cukup rumit dan tentu hanya bisa di lakukan di bengkel – bengkel resmi saja. Hal tersebut di karenakan komponen injektor harus di lepas dan selanjutnya injektor di masukan ke dalam sebuah alat yang diberi nama injektor cleacer dan tester.

Setelah injektor di masukan ke dalam alat tersebut, maka kita bisa mengetahui berapa debit tekanan injektor tersebut. Jika kurang dari standar maka kemungkinan dapat di sebabkan oleh injektornya yang kotor.

Jika injektornya kotor maka langkah selanjutnya injektor akan di rendam menggunakan cairan khusus serta di beri getaran ultrasonic untuk membersihkan kotoran yang berada di dalam injektor.

Demikian infrormasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *