Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Macet

  • Share
Cara-Memperbaiki-Rem-Cakram-Motor

Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Macet – Rem merupakan bagian penting dari sebuah motor. Salah satu rem yang banyak digunakan motor saat ini menggunakan rem cakram. Fungsi rem yang sangat penting ini memang menjadi vital untuk sebuah rem cakram. Nah bagaimana jika rem cakram motor anda mengalami masalah ? hal ini akan menimbulkan masalah keamanan bagi perjalanan anda bukan ? oleh karena itu anda membutuhkan cara mudah perbaiki rem cakram motor macet.

Rem cakram motor macet dapat membahayakan keamanan anda. Jika tuas rem terasa keras atau berat biasanya agak sulit untuk dikembalikan ke semula. Hal ini bisa mengganggu kenyamanan saat berkendara.Hal ini disebabkan karena saat cakram bergesekan dengan kanpas rem tidak berhenti namun motor tetap melaju begitu saja. Berikut cara memperbaiki rem cakram yang macet.

Cara Mudah Perbaiki Rem Cakram Motor Yang Macet

Cara memperbaiki Rem motor cakram macet, Pertama posisikan sepeda motor pada standar tengah. Langkah atasi Rem cakaram motor macet selanjutnya dengan melepas roda depan dengan melepas baut yang mengikat ban depan. Setelah ban di copot selanjutnya lepas caliper dari dudukan yang ada di shockbecker.

Baca Juga:   Kekurangan dan Kelebihan Mobil LCGC Honda Brio Satya Wajib Anda Ketahui

Selanjutnya lepaskan selang rem dari caliper dan keluarkan minyak remnya. Untuk menampung minyak rem pakailah wadah tertentu. Hati hati jangan sampai minyak rem tersebut mentes mengenai cat body motor. Pasalnya jika mengenai body motor maka cat motor akan rusak dan jika terkena tangan akan gatal-gatal.

Setelah minyak rem keluar berishkan piston rem dari kotoran atau karat. Periksalah luka atau goresan yang menempel pada piston. Gunakan kompon untuk membersihkanya. Jika goresan piston rem terlalu dalam makan ganti piston yang baru agar minyak tidak bocor. Rem cakram motor macet selanjutnya setelah dibersihkan, pasang kembali piston yang sudah dibersihkan dengan kompon. Jangan lupa isi kembali minyak rem di dalam piston.

Setelah minyak rem di isi, pasang kembali cakram rem. Selanjutnya kembali pasang roda dan setel kembali pengereman dan membuang angina yang masuk. Setelah selesai membliding lakukan pengetesan di jalan. Hal ini untuk mengetes apakah rem cakram jalan atau tidak.

Rem cakram motor macet harus segera diperbaiki karena rem merupakan bagian penting dari sebuah motor.

Baca Juga:   Cara Pemasangan Amplifier Di Mobil Mudah Dan Aman
  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *