Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng

  • Share
Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng

Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng – Setir lambat laun pasti akan mengalami penambahan jarak bebas atau spelling seiring dengan jarak tempuh serta pemakaian kendaraan. jarak bebas sendiri itu merupakan hal yang wajar. ini bukanlah indikator kerusakan.

karena pada setir mobil itu sendiri terdapat setelan untuk bisa menyetel jarak bebas setir. Tetapi jarak bebas yang tidak wajar atau yang terlalu panjang juga tidak hanya berasal dari setelan setir melainkan dapat juga karena efek rack end atau tie rodnya sudah aus atau rusak.

Memperbaiki Jarak Bebas Atau Speleng Setir

Jika anda rasakan jarak bebas atau speeling setir terlalu panjang, maka cobalah cek dulu di kaki-kaki goyang2 kan setir dan lihat tie rodnya juga rack end apakah sudah aus atau tidak. jika tidak terjadi masalah dengan kedua komponen tersebut, dapat dipastikan itu hanya diperlukan penyetelan pada setir mobil.

penyetelannya pada kerenggangan gigi pinion setir serta lawannya. untuk menyetelnya dapat menghubungi mekanik langganan anda, jika anda bisa melakukan penyetelan sendiri apa salahnya dapat dicoba

Baca Juga:   Cara Agar Lampu Mobil Lebih Terang

jika ingin menyetelnya sendiri, maka harus mencari letak setelannya. setelannya berada di blok setir di area pinion setir. dapat berupa baut yang dikunci dengan mur, ataupun lebih besar diameternya serta dengan mur pengunci yang besar juga.

Caranya dengan kendurkan mur penguncinya, kemudian putar setelan ke arah mengencangkan untuk bisa membuang spelling yang terlalu panjang, dan arah berlawanan jarum jam untuk mengendurkannya. awas jangan terlalu keras. Dan coba goyang2 kan setir, setelan yang pas jika diputar setir ringan tetapi tidak ada speeling.

Cara Mengatasi Mobil Speleng Saat Ngerem

Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng – ilustrasi

Cara Pertama Mengatasi Mobil Speleng Saat Ngerem

Hal pertama cek pada bagian roda, apakah ada rem yang lengket dan berputarnya kurang maksimal pada bagian roda, caranya dengan mendongkrak keempat roda mobil anda. jika salah satu roda ada yang lengket atau kurang maksimal cara berputarnya, maka hal ini dapat menyebabkan rem kurang berfungsi dengan maksimal serta dapat menyebabkan vacum angin rem tidak bisa kembali pada tempatnya membuat rem akan makan sebelah.

Baca Juga:   Inilah Penyebab dan Cara Mengatasi Overheat Pada Mobil

Cara Kedua Mengatasi Mobil Speleng Saat Ngerem

Dengan membuka roda depan kemudian cek pada bagian kampas rem apakah ada sesuatu yang mengganjal atau menghalangi sistem pengereman jika terdapat sesuatu yang nyelip pada kampas rem maka segera bersihkan.

Cara membersihkan kampas rem tersebut dengan memakai bensin agar semua kotoran pada kampas rem hilang dengan merata. Jika mobil anda sudah menggunakan sistem disk brake cukup semprot serta siram bensin pada posisi kampas rem,

Tetapi jika mobil kamu sistem pengeremannya masih menggunakan tromol kamu dapat membuka rumah tromol rem pada mobil dan bersihkan dengan menggunakan bensin sampai kampas benar-benar bersih.

Cara ketiga Mengatasi Mobil Speleng Saat Ngerem

Cek pada bagian kampas rem mobil, apakah ada salah satu komponen yang aus atau sudah habis kampas remnya hal tersebut dapat menyebkan rem mobil makan sebelah alias berfungsi hanya sebelah.

Cara keempat Mengatasi Mobil Speleng Saat Ngerem

Jika kampas rem kondisinya masih baik dan masih tebal coba cek pada bagian piston rem, piston rem ini biasanya sudah macet atau tidak berfungsi dengan baik dan bisa jadi piston mobil telah bocor. Tetapi anda harus mengerjakannya dengan dua orang, yang satu menginjak pada posisi rem carabya dengan mengocok ngocok pedal rem.

Baca Juga:   16 Langkah Cara Memperbaiki Power Window Macet

sedangkan anda melihat apakah piston rem tersebut masih berfungsi dengan baik atau tidak. Cek pada keseluruhan roda dan jangan sampai ada yang terlewat, jika piston rem sudah bocor atau keluar minyak rem segera ganti piston remya.

Demikian informasi Cara Memperbaiki Stir Mobil Speleng yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjugi artikel ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *