Cara Memperbesar Pengapian Motor Yang Benar

  • Share
Cara Memperbesar Pengapian Motor Yang Benar

Cara Memperbesar Pengapian Motor Yang Benar – Apakah pada performa mesin sepeda motor anda kurang responsive atau kencang? Dan anda menginginkan dan merasakan pengapian yang bisa mengikuti derasnya uap bahan bakar? Seperti halnya yang dimiliki pada kapasitor 4.7 uF. Karena banyak yang ingin memperbesar pengapian motor 4 tak atau 2 tak. Dan juga memperbesar pengapian motor ac atau dc.

Caranya cukup gampang dan semua itu dapat anda rasakan dengan hanya mengikuti tips dari kami ini, terlebih jika anda bisa menyetingnya dengan memakai sedikit modal, maka secara langsung anda juga dapat menaikan performa tetapi hanya dengan budget yang sangat minim. Dan dengan cara memperbesar pengapian cdi standar tidak racing.

Cara Memperbesar Pengapian Coil Dengan Mudah

Cara Memperbesar Pengapian Coil Dengan Mudah

Pada hal tersebut bisa anda coba caranya dengan menggunakan kapasitor yang ukurannya lebih besar otomatis suplay api yang dikeluarkan juga akan lebih besar, namun anda perlu juga untuk menaikan angka spuyernya. Bagaimana cukup menarik bukan, akan tetapi pada hal tersebut dilakukan untuk mencegah piston agar tidak bolong yang disebabkan pengapian yang anda pakai adalah kering.

Dan sebelum anda mencobanya, apakah anda mengetahui apakah itu kapasitor? jika belum mengerti yang dimaksud dengan kapasitor yaitu sebuah benda yang berupa elektronika yang biasanya terdapat pada televisi, tave, radio,serta benda elektronik lainnya.

Baca Juga:   Cara dan Tips Modifikasi Yamaha Scorpio Z Konsep Street Fighter

Yang dari segi bentuknya menyerupai kabel kunci yang memiliki dua kaki, pada setiap kakinya tentu berbeda, karena ada yang panjang dan ada juga yang pendek, maka pada bagian kaki yang panjang mewakili daya positif (+) sedangkan pada kaki yang pendeknya mewakili negatif (-), dan pastinya anda juga pernah melihatnya.

Karena cara untuk mendapatkan benda tersebut anda hanya tinggal membelinya saja di toko ataupun di pusat suku cadang kedaraan, sedangkan harganya juga tidak terlalu mahal. Pada Intinya anda harus memiliki kapasitor terlebih dahulu untuk dapat meningkatkan performa sepeda motor anda.

Jika anda sudah memiliki kendaraan bermotor ini, maka anda bisa langsung menambah pengapian motor kesayangan anda menjadi lebih deras, karena dengan cara menyambungkan dari CDI ke coil atau sering kali disebut dengan koil. Dan caranya cukup mudah, tetapi memang banyak cara untuk melakukanya, maka untuk itu TutorialOtomotif akan membahas satu persatu caranya. Untuk lebih jelasnya maka silakan ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah Memperbesar Pengapian Coil

Untuk langkah memasang benda yang berkaki dua ini tidak lah sulit, dan anda hanya perlu untuk menyambungkan kaki negatif (-) pada kabel yang berada pada CDI yang biasanya menuju ke coil, sedangkan pada kaki positifnya (+) untuk mengantarkan arus dari kapasitor yang ke coil. Secara tidak langsung fungsinya hanya sebagai pelantara saja, jika anda masih bingung maka kami akan memberi contoh pada motor raja jalanan atau RX king.

Baca Juga:   Cara Mengganti Klep Kopling Di Satria FU 150 Paling Ampuh

Jika anda mempunyai motor RX king, itu biasanya kabel dari CDI ke coil tersebut berwarna orange.
Maka bisa anda pindahkan arus dari kabel CDI yang biasanya menuju ke coil, pada kaki kapasitor negatif
Sedangkan untuk kapasitor mempunyai kaki positif, dan untuk kaki positif anda teruskan arusnya yang menuju ke coil
Bagaimana caranya sangat mudah dan juga gampang bukan? Sedangkan cara untuk menyambungkan arusnya, anda pun bisa dengan langsung memotong kabel orange dan kemudian di sambungkan pada kaki negatif, atau bisa dengan hanya menyoket sedikit kabel orange yang masih tersambung pada coil, tatapi itu semua tergantung anda. Karena pada Intinya anda harus lah menyambungkan kaki negatif ke CDI sedangkan pada kaki positif ke coil dan harus selalu hati hati.

Langkah Memperbesar Pengapian Menggunakan Groud Strap

Pada teknik ini biasanya dilakukan untuk memaksimalkan kinerja coil, maka jika anda sudah memakai cara di atas sebelumnya and dapat pula memakai Ground Strap. Hal tersebut dilakukan untuk meredam distorsi serta frekuensi liar yang terjadi di sepanjang kabel busi, itu dikarenakan biasanya arus listrik yang berada pada kabel busi tersebut sangatlah tinggi, itu semua disebabkan hasil dari kinerja coil, maka perlu juga untuk teknik ini.

Baca Juga:   Cara Mudah Bongkar Pasang Rantai Keteng Motor

Sedangkan untuk memulai teknik ini terdapat beberapa benda yang haruslah anda persiapkan, tetapi tenang saja karena pada teknik ini tidak memerlukan biaya yang sangat mahal, dan benda serta yang harus anda siapkan ialah.

  • Kabel Tembaga jika ada dan anda juga bisa memakai kabel yang sering terdapat pada kabel listrik, dan bisa membelinya di toko elektronik
  • Solasi ban secukupnya serta pilih yang kering
  • Cara Membuat Pengapian Motor Lebih Besar
  • Langkah pertama silakan anda buka terlebih dahuulu coil
  • Jika anda memakai kabel tembaga yang masih dibungkus, maka silakan anda buka terlebih dahulu pembungkusnya, dan yang kita gunakan hanyalah tembaganya saja
  • Selanjutnya bisa anda lilitkan kabel tembaga tersebut pada sepanjang kabel busi, dan usahakan lilitannya rapat
  • Dan pada ujung pertama kita buat untuk masa, atau untuk dudukan coilnya
  • Serta pada ujung yang satunya lagi usahakan jauh dari busi
  • Selanjutnya jika sudah, anda tinggal bungkus dengan solasiban dengan rapi

Cara diatas berlaku untuk semua motor seperti bagaima cara memperbesar pengapian motor supra, Jupiter, Rx king, grang dan motor lainya.

Demikian infromasi Cara Memperbesar Pengapian Motor yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *