Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Tanpa Bongkar

cara menghilangkan embun dikamera hp, cara menghilangkan embun di kamera hp, cara menghilangkan embun di kamera depan hp oppo, cara hilangkan embun di kamera hp,

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Tanpa Bongkar – Sering kali kita lupa melindungi handphone ketika nekat berkendara menerjang hujan, hasilnya handphone basah kuyub. Setelah dilap ternyata masih ada bagian yang berembun yaitu lensa kamera. Digosok gosok pun tak membuahkan hasil, si embun ada di dalam lensa bukan di luar.

Hasil gambar kamera pun jadi buram, mimpi buruk bagi yang hobi jeprat jepret. Terus bagaimana cara menghilangkan embun di kamera HP ?

Tak perlu khawatir, udara lembab yang mengembun dalam lensa handphone bisa dikeluarkan tanpa harus membongkar. Kita bisa mengatasinya sendiri di rumah dengan alat seadanya.

Faktanya kebanyakan kasus kamera hp berembun ini tidak membahayakan. Dengan catatan uap air yang masuk tidak banyak. Lain cerita kalau embun banyak bahkan sampai layar hp, kita harus bergerak cepat. Tidak ada salahnya langsung pergi ke service center terdekat.

Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Sederhananya kita hanya perlu membuat embun ini menguap jadi udara dan keluar dari kamera handphone anda. Trik yang digunakan bisa memakai silica gel, bahan yang sudah terkenal sekali sebagai anti lembab. Untuk metode alami bisa pakai beras, benamkan handphone dalam beras pasti embun pun hilang.

Sering kali setelah dibersihkan, si embun muncul kembali. Kemungkinan disebabkan karena masih ada udara lembab yang terperangkap dalam lensa, ketika suhu lingkungan turun mengembun lagi. Jadi bisa disimpulkan kita gagal membuat udara lembab keluar.

Oleh karena itu disarankan untuk melepas semua yang bisa dilepas saat proses menghilangkan embun. Misal tutup belakang, lubang usb, tempat micro sd, kartu sim ataupun baterai. Buka selebar lebarnya semua celah yang bisa dilalui udara.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kamera berembun,

1. Silica Gel

Kita sering menemui silica gel bersama dengan sepatu yang kita beli, ada di dalam bungkus kecil dari kertas (seperti gambar di atas). Bahan ini berfungsi untuk menyerap kelembaban. Bisa dibeli di toko kimia untuk yang kiloan.

✅REKOMENDED:  Tips Memilih dan Membeli Power Bank Terbaik

Alat dan Bahan:

  • Handphone dengan kamera berembun
  • Silica Gel
  • Wadah tertutup, bisa toples atau cukup plastik

Langkah:

  • Matikan handphone. bongkar lalu masukkan ke dalam wadah
  • Masukkan silica gel di sekitarnya
  • Tutup wadah hingga rapat
  • Diamkan selamanan, esok paginya pasti tak lagi berembun
  • Silica gel sangat ampuh sebagai anti lembab

2. Beras

Bahan alami yang dapat membantu menyerap kelembaban adalah beras. Pastikan beras yang dipakai ini benar benar kering agar hasilnya lebih maksimal. Alternatif beras antara lain outmeal dan teh.

Alat dan Bahan:

  • Handphone
  • Beras
  • Wadah tertutup, toples, tupperware atau plastik

Langkah:

  • Masukkan sebagian beras ke dalam wadah
  • Matikan handphone, bongkar dan taruh di atas beras
  • Tambahkan beras hingga mengubur handphone
  • Tutup wadah rapat rapat
  • Diamkan selama semalam, cek hasilnya

Apabila kita membandingkan kedua cara menghilangkan embun di kamera HP di atas, silica gel dapat memberikan hasil terbaik. Apalagi si silica gel lebih bersih, tidak akan mengotori handphone. Sayang untuk mendapatkannya tidak semudah beras.

3. Sinar Matahari

Embun dalam kamera HP sering kali hilang dengan sendirinya. Loh kok bisa? Ketika suhu lingkungan meningkat maka embun akan menguap dan keluar begitu saja. Sayang hal ini hanya bisa mengatasi kalau uap air di dalam HP cuma sedikit.

Agar cepat menguap, kita bisa memanfaatkan panasnya sinar matahari. Tapi jangan dijemur langsung ya! Nanti malah banyak debu yang menempel. Untuk mencegah itu, bisa memakai bungkus plastik.

Alat dan Bahan:

  • Handphone berembun
  • Kantong plastik tipis

Langkah:

  • Pastikan cuaca lagi cerah
  • Matikan handphone, bongkar lalu masukkan ke dalam kantong plastik, bungkus rapat
  • Taruh handphone di bawah sinar matahari langsung, misal di atas atap
  • Jemur hingga embun menguap
  • Kamera hp baik itu depan ataupun belakang adalah bagian yang sensitif terhadap panas. Jadi usahakan jangan menguapkan embun secara langsung, misal dengan hair dryer ataupun uap air. Apabila terlalu panas hasilnya kaca kamera jadi buram.
✅REKOMENDED:  6 Kesalahan Pakai AC ini Bikin Tagihan Listrik Membengkak

4. Lampu

Masalah embum dalam kamera hp paling sering terjadi di musim hujan, jadi sinar matahari tidak dapat diharapkan. Solusinya adalah memanfaatkan panasnya lampu. Yang bisa dipakai antara lain lampu belajar, lampu tidur atau sekedar flashlight dari handphone lain.

Alat dan Bahan:

Kamera hape berembun
Lampu belajar

Langkah:

  • Pertama matikan handphone dengan lensa berembun dan bongkar casing.
  • Nyalakan lampu belajar, alternatif lain lampu tidur.
  • Taruh kamera handphone menghadap lampu dan taruh arah dekat dengan lampu.
  • Tunggu sampai panas dari cahaya lampu mengatasi embun

Cara menghilangkan embun di kamera HP di atas kadang meninggalkan noda di kamera yang merupakan bekas uap air. Solusi terbaik memang harus pergi ke tukang servis untuk membongkar semua. Cukup sulit mengeksekusi sendiri tanpa peralatan memadai.

Tips Menghindari Kamera HP Tidak Berembun

Kasus embun yang masuk ke dalam kamera sering terjadi karena kita sembrono terutama di musim penghujan. Apalagi jaman sekarang handphone dibekali dengan banyak kamera mulai satu di depan dan tiga kamera di belakang. Ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk menghindari masalah satu ini. Mencegah lebih baik membongkar handphone kan?

1. Bungkus dalam Plastik

Tips satu ini ditujukan pada kalian yang hobi menerjang hujan dengan motor. Walaupun kalian sudah memakai jas hujan sebaiknya masukkan handphone ke dalam wadah kedap air. Pilihan paling murah dan mudah didapatkan adalah kantong plastik. Sederhana cukup bungkus handphone dalam plastik kemudian taruh dalam tas.

2. Flip Cover

Anak-anak muda kurang menyukainya karena terkesan kuno dibandingkan custom case jaman sekarang dengan berbagai motif. Padahal flip cover dapat memberikan perlindungan extra termasuk ada penutup kamera yang tidak ada di casing lain.

✅REKOMENDED:  √ 2 Cara SMS Gratis Tanpa Pulsa Semua Operator, Hemat Pulsa!

Penggunaan flip cover sangat tepat untuk melindungi kamera dari kemasukan uap air terutama bagi kalian yang suka mendaki gunung lewati lembah dan tempat berembun lainnya.

3. Jangan Bawa Handphone ke Kamar Mandi

Ada trend baru yang sekarang sering dilakukan masyarakat Indonesia yaitu BAB sambil bermain handphone. Hal ini cukup beresiko lho, kalau kita sembrono bisa-bisa handphone terjatuh ke air. Sebaiknya hindari membaca HP ke WC ataupun ke kamar mandi. Kalaupun nekad sebaiknya ekstra hati-hati.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara menghilangkan embun di kamera HP, tips di atas hanya bisa untuk kasus embun bukan handphone kemasukan air. Kalau problemnya air masuk, segera matikan handphone, bongkar dan bersihkan semua bagian. Solusi terbaik adalah membawa ke service center untuk dibongkar.

Selain pada kamera, embun juga bisa menempel pada layar hp. Kebanyakan menimpa mereka dengan handphone model lama. Smartphone jaman sekarang sudah memiliki layar yang rapat, jadi kecil memungkinan bisa berembun kecuali ada masalah. Embun mungkin bersarang jika screen mulai rusak/retak.

Kami tidak menyarankan penggunaan panas yang berlebih untuk mengeluarkan embun seperti penggunaan hairdryer, uap air panas, taruh di atas rice cooker dll. Kamera adalah bagian yang sangat sensitif lebih baik gunakan sumber panas yang tidak terlalu panas seperti sinar matahari dan lampu.

Sekian artikel tentang Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP Tanpa Bongkar. Kalau nanti ternyata embun balik lagi, disarankan untuk membuka dan membersihkan bagian dalam handphone. Ditakutkan ada sisa air yang masuk, sulit lho membongkar sendiri hp jaman now. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.