[Ini Loh!!] Cara Membersihkan Injektor Mobil Tanpa Kebengkel

  • Share
Cara Membersihkan Injektor Mobil Tanpa Kebengkel

Cara Membersihkan Injektor Mobil Tanpa Kebengkel – Berikut ini adalah cara membersihkan Injektor pada mobil, tanpa harus membawanya ke bengkel dan cara membersihkan injector pada mobil EFI menggunakan alat yang sederhana, dan adakalanya kami menjelaskan terlebih dahulu apakah fungsi injector pada mobil. Maka fungsi injector pada mobil adalah berfungsi untuk mengabutkan bahan bakar yang masuk ke dalam ruang silinder.

Jika hal seperti itu terjadi pada mobil anda, maka anda akan ragu jika anda akan mendahului mobil yang ada di depan kita pada saat berjalan dan atau RPM juga tidak dapat naik di atas 3000 RPM. Itu merupakan salah satu contoh yang sering temui.

Alat injector yang berada di mobil tentunya akan berpengaruh sangat penting terhadap performa yang akan di hasilkan pada mesin mobil, jika pada injector tersebut tersumbat maka secara otomatis mobil akan mengalami akselerasi yang kurang dan pada mesin serta mesin juga dapat mengakibatkan kendala seperti mobil brebet.

cara untuk membersihkan injector mobil, dengan membersihkannya sendiri kurang disarankan untuk anda, kecuali jika anda memang sudah pernah membersihkan injector sendiri. karena ada beberapa hal yang musti anda ketahui jika anda akan melakukannya. Dan cara yang lebih maksimal untuk membersihkan injector dapat anda melakukannya di bengkel – bengkel mobil langganan tentunya yang sudah memiliki alat Injektor cleaner.

Langkah-langkah Membersihkan Injektor Mobil

Berikut ini adalah langkah untuk membersihkan injector pada mobil EFI :

  • Saat anda membuka injectornya dari delivery pipe anda haruslah hati – hati dan jangan sampai ada seal injector yang lecet atau rusak, cacat dan juga putus. Jika seal injectornya rusak anda pun bisa membelinya di bengkel – bengkel mobil mobil atau bisa di bengkel Ac Mobil, karena biasanya banyak yang menjual seal yang sesuai tinggal anda membawa contohnya saja untuk seal yang sudah rusak tersebut
  • Selanjutnya matikan mesin melalui kunci kontak kemudian lepaskan terminal aki negative. Dan yang harus anda perhatikan bahwa saat melepas aki terkadang ada beberapa item yang perlu dilakukan setting ulang.
  • Untuk langkah awal sebelum anda akan membersihkan injector, perlu diketahui terlebih dahulu yaitu membersihkan atau dengan mengganti fuel filter atau biasa disebut saringan mensin. Karena jika saringan mesin tersebut tidak terlebih dahulu anda bersihkan maka akan sia – sia saja karena kotoran yang terdapat pada fuel filter akan bisa kembali naik ke injector.
  • Jika anda telah membersihkan saringan mensin, langkah selanjutnya hidupkan mesin dan setelah mesin menyala bukalah relay fuel pump dan sekring injector, karena intinya pada hal terebut yaitu untuk memutuskan arus listrik ke fuel pump bahan bakar.
Baca Juga:   Tips Memilih Kampas Kopling Dengan Kualitas Terbaik dan Bagus

selanjutnya tunggulah sebentar beberapa detik sampai mesin mobil mati sendiri itu artinya bahwa sudah tidak ada lagi tekanan di saluran bahan bakar. Dan tersebut bertujuan agar sewaktu melepas sambungan pipa bensin atau saat melepas injector tidak ada bahan bakar yang tumpah

  • Langkah yang selanjutnya adalah bukalah pipa fuel delivery atau biasa di sebut juga selang bahan bakar yang berada dekat dengan injector. Cara untuk melepas injector atau embuka injector tergantung dari kontruksi mesin, karena setiap mesin mobil berbeda – beda pula kontruksinya ada yang mudah danjuga ada yang sulit untuk melepasnya.
  • Selanjutnya jika injector sudah anda lepaskan, maka langkah selanjutnya yaitu anda membuka dengan hati – hati seal injector dan jangan sampai rusak. Seal injector di buka agar seal injector tidak terkena cairan untuk pembersih injector yang dapat merusak karet ataupun seal injecto
  • Langkah yang selanjutnya yaitu bersihkan pada bagian luar permukaan injector dengan menggunakan pembersih injector atau yang sering juga di sebut dengan Injektor cleaner, dan biasanya pada ujung – ujung injector tersebut banyak menempel karbon yang bisa menyumbat.
  • Karena di sini kami hanya memberikan topik cara membersihkan injector mobil sendiri, maka untuk langkah selanjutnya adalah dengan pasang adaptor yang sudah di buat seperti cara di bawah ini. Dengan memasang injector cleaner, maka siapkan aki atau baterai dengan daya listrik 12v, pasanglah salah satu kabel negatif aki serta ujungnya pasang ke salah satu terminal injectornya, selanjutnya pasang kabel satu lagi pada terminal injector yang lainnya.
  • Apabila cairan pembersih injector pertekanan sudah masuk kedalam adaptor, maka untuk langkah selanjutnya yaitu putuskan kabel satunya yang letaknya berada di injector ke terminal pada aki positif atau bisa menggunakan saklar, untuk proses pembersian lubang kecil injector di mulai.
Baca Juga:   7 Penyebab & Solusi Kampas Rem Motor Bunyi, Keras Dan Macet

karena biasanya pada injector mobil EFI mempuyai dua terminal, yaitu antaranya pada terminal positif dan juga terminal negatif, maka pada saat anda memasang soket kabel pada ke kedua terminal injector tersebut, selanjutnya bungkus soket tersebut dengan memakai solasi untuk mencegah terjadinya konsleting, karena pada kedua terminal tersebut yang berdekatan. dan bisa juga menggunaka soket khusus untuk menyambung kabel injectornya.

Tekanlah cairan injector cleaner supaya terisi cairan pembersih bertekanan di dalam adaptor injector tersebut, maka pastikan juga adaptornya sudah di klem dengan kuat atau belum, dan harus hati – hati juga supaya cairan pembersih tidak mengenai mata atau lebih baiknya menggunakan kacamata untuk melindungi mata anda.

Selanjutnya semprotan injector cleaner yang akan keluar saat kabel positif injector di hibungkan pada terminal aki positif. Perhatikan juga cairan bembersih injector yang telah keluar harus terlihat lembut dan juga baik. Maka lakukanlah pembersihan injector satu per satu. Dengan cara membersihkan semua injector mobil anda setidaknya harus memerlukan satu hingga dua botol injector cleaner.

Baca Juga:   Cara Membuka Pintu Mobil Yang Terkunci dengan Mistar Besi

Setelah injectornya sudah anda bersihkan, maka pasang kembali dengan hati – hati serta pasang juga seal injektornya. Selanjutnya pasang injector ke fuel delivery pipe, selanjutnya pasang kembali injector ke mesin dan pasang pula beberapa perlengkapan mesin mobil yang tadi telah anda lepas atau bongkar.

Demikian informasi yang dapat disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Video Cara Membersihkan Injektor Mobil Tanpa Kebengkel

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *