[MUDAH] Cara Memasang Kampas Kopling Dengan Baik & Benar

  • Share
Cara Memasang Kampas Kopling

Cara Memasang Kampas Kopling Dengan Baik & Benar – Untuk seorang mekanik mungkin saja cara memasang kampas kopling ialah pekerjaan yang mudah serta tentunya tidak menemukan kesulitan yang berarti, akan tetapi berbeda lagi dengan orang awam dan yang baru saja mengenal dunia otomotif dan khususnya untuk teknik mesin sepeda motor .

Untuk penggantian kompas kopling sepeda motor mungkin anda harus belajar terlebih dahulu supaya bisa mengganti kampas kopling secara mandiri. Dan pada saat sepeda motor yang kita miliki sudah lama dipakai pasti kampas kopling pada sepeda motor kita akan habis dan dari itu kita wajib untuk melakukan pergantian supaya tarikan sepeda motor makin gesit lagi.

Dan sebelum kami membahas mengenai cara bagaimana mengganti kampas kompling mungkin pasti anda bertanya tanya ,Apasih akibat nila kampas kopling habis dan tidak segera diganti? Dan untuk menjawab pertanyaan tersebut alahngkah baiknya anda baca ulasan lengkapnya dibawah ini.

Penyebab Kampas Kopling Motor Habis

Apakah pernah anda berfikir bahwa jika ada akibat pasti ada sebabnya, maka hal tersebut juga berlaku untuk motor yang kita miliki juga, dan kira kira apa saja kah yang menjadi penyebab dari kampas kopling yang habis?

  • jarak tempuh yang cukup jauh , hal ini juga yang menjadi salah satu penyebab kendaraan menjadi atau bisa membuat kompas kompling cepat habis , maka bila anda ingin memiliki kampas kompling yang awet , usahakan bawa sepeda motor selembut mungkin dalam melakukan perpindahan gigi serta jangan terlalu sering menggunakan kopling (khusus sepeda motor berkopling tangan).
  • karena setiap pengendara sepeda motor itu mempunyai karakter yang berbeda beda , ada yang kasar ada yang biasa saja dan juga ada yang lemah lembut , dan jika yang tipenya kasar biasanya akan cepat habis karena didalam melakukan perpindahan atau perubahaan transmisi kasar(asal asalan).
Baca Juga:   Cara Memperbaiki Aki Kering Dengan Mudah

Dampak Kampas Kopling Habis

Agar lebih jelasnya berikut ini ialah dari sekian banyak dampak yang dapat dihasilkan bila kampas kompling motor habis ataupun dibiarkan saja tidak diganti diantaranya adalah sebagai berikut ini :

  • Sering terjadinya selip kompling
  • Akselerasi motor khususnya di mesin menjadi lemah dan tidak lagi maksimal
  • Putaran pada mesin motor menjadi lebih tinggi.
  • Starter ringan atau orang biasa bilang dengan ngelos
  • Sangat sering terjadi lepas kompling
  • Tenaga Mesin sepeda motor menjadi berkurang atau sudah tidak lagi power full .
  • Perpindahan gigi perseneling menjadi susah

Cara Memasang Kompas Kopling sendiri

Sesudah anda membaca tulisan tutorialotomotif diatas mengenai akibat dan sebab yang akan ditimbulkan jika kampas kopling motor habis ,maka dapat anda bayangkan sendiri bila terjadi pada sepeda motor anda .

Tentunya anda pasti merasa terganggung bukan dan ingin segera menyelesaikanya atau memperbaikinya, dan untuk itu dibawah ini kami akan paparkan yang mungkin dapat bermanfaat dan dapat anda jadikan referensi untuk melakukan serta mempraktekan cara mengganti kampas kopling sepeda motor sendiri .

Baca Juga:   Kekurangan dan Kelebihan Transmisi Manual vs Matic
  • Langkah yang pertama harus anda lakukan ialah dengan cara mengeluarkan oli pada mesin sepeda motor anda, biasanya dengan membuka tutup baut pembuka yang berada dibagian bawah mesin sepeda motor.
  • selanjutnya setelah oli pada mesin tersebut terkuras habis atau kosoing , anda dapat melepaskan terlebih dahulu atau kick starter serta step atau injakan kaki dan juga bak kompling
  • serta untuk melepas bak kompling caranya sangat mudah , dan biasanya hanya cukup melepas baut pengikatnya dan biasanya mempunyai jumlah baik sekitar 4 sampai 6 tergantung dari jenis sepeda motor.
  • jika sudah terlepas ,maka selanjutnya rangkaian yang terdiri dari pegas , mangkuk untuk penekan plat penekan dan kampas kopling yang telah terurai.
  • kemudian anda dapat coba untuk melepaskan baut pengikatnya dengan cara yang benar yaitu caranya dengan mengendurkan terlebih dahulu baut baut secara merata ataupun dengan kata lain tidak dilepas bautnya satu persatu. Karena hal tersebut dikarenakan bila anda melakukan kesalahan misalkan melepas baut persatu ,maka akan besar kemungkinan baut tersebut akan dol atau rusak.
  • dan setelah terbuka , selanjutnya anda dapat mengganti kampas kopling tersebut yaitu dengan cara mengganti kampas kopling yang lama dengan menggunakan kompas kopling yang masih baru .
  • langkah selanjutnya setelah itu anda dapat langsung mencoba pasang kembali bak kopling serta engkol atau kick starter
Baca Juga:   Tips Cara Memasang Oil Cooler Motor Dengan Benar

Fungsi kampas kopling

Dan untuk kampas kopling sendiri yang mempunyai fungsi sangat fital dan perlu kita ketahui yaitu berfungsi untuk memutus serta menghubungkan antara mesin dengan transmisi pada  saat melakukan perpindahan perseneling atau gigi.

Roda gila atau fly wheel meneruskan dan sekaligus menyimpan energi dari Crank Saft atau kruk as mesin pada saat mesin menyala (berputar), dan plat kopling menjadi satu-satunya perantara dari tenaga mesin dengan Perseneleng kita yang nantinya tenaga ini akan diteruskan ke Roda motor.

Sedangkan Dekrup yang bekerja sebagai pengatur kapankah tenaga mesin diteruskan serta kapan kah tenaga mesin tidak lagi diteruskan, dan pada langkah tersebut dilakukan oleh kaki kita disaat menginjak atau saat melepas pedal kopling dengan cara melalui perantara Drek lahar.

Penting : Dekrup di ikat dengan menggunakan 6 (biasanya) baut terhadap fly wheel. Serta plat kopling menjadi pengisi bagian tengah antara fly wheel dan dekrup. Dan pada bagian tengah plat kopling biasanya terdapat lubang yang bergigi dan akan masuk kedalam As blender yang berfungsi sebagai penerus tenaga dari plat kopling pada Gearbox porseneleng.

Demikian informasi yang bisa disampaikan, semoga bermanfaat dan menambah wawasan dalam dunia otomotif, terimakasih sudah mengunjungi artikel ini.

Video Cara Memasang Kampas Kopling Dengan Baik & Benar

  • Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *